Minggu, 20 November 2016

Fossil Ampunku

Cara Uji Validitas Instrumen Penelitian dengan SPSS


Alhamdulillah pada kesempatan kali ini saya bisa meluangkan waktu untuk berbagi ilmu. Pada kesempatan ini saya akan menjelaskan tutorial SPSS untuk melakukan “uji validitas Instrumen Penelitian”.
Validitas adalah satu ukuran yang menunjukkan tingkat kevalidan atau kesahihan suatu instrument. Instumen penelitian yang baik harus diuji terlebih dahulu, misalnya instumen tes maka harus di uji validitas, reliabilitas, objektivitas, praktikabilitas, ekonomis, taraf kesukaran, serta daya pembeda. Semua uji coba tersebut, idealnya harus dilakukan agar instrument kita bisa dikatakan baik dan layak untuk digunakan dalam penelitian. (Suharsimi Arikunto, 72:2012) Adapun instrument angket menurut saya  juga perlu dilakukan pengujian tetapi tidak perlu melakukan taraf kesukaran dan daya pembeda.
Dalam postingan ini saya hanya akan menjelaskan uji validitas instrument. (uji intrumen lainnya akan dibahas dipostingan selanjutnya) Teknik yang digunakan untuk mengetahui tingkat ke-valid-an instrument adalah product moment yang dikemukakan oleh Pearson. (Suharsimi Arikunto, 85:2012) Adapun pengujian dilakukan pada item-item instrumen. Apabila terdapat 10 item intrumen dan dinyatakan “valid”  sebanyak 7 item, sisanya dinyatakan “tidak valid”, maka perlu dilakukan uji validitas lagi dengan instrument yang berbeda.

Saran saya, sebelum melakukan uji coba sebaiknya buatlah item instrument (soal) lebih banyak dari yang diperlukan sehingga apabila ada yang item yang “tidak valid” maka cukup dibuang saja dan ambil item-item yang dinyatakan “valid” untuk dijadikan instrument penelitian. Misalnya item yang diperlukan 20 item, maka buatlah 30 item atau lebih.

Adapun kriteria pengambilan keputusan yang digunakan pada Uji validitas dengan bantuan SPSS for windows adalah sebagai berikut:
a.  Jika sig. ≤ 0.05, maka dinyatakan valid.
b.  Jika sig. > 0.05, maka dinyatakan tidak valid

Sekarang bagian yang paling penting yaitu mempraktekkan uji validitas instrument. Instrumen yang akan saya ujikan adalah intrumen angket yang dibagikan kepada nasabah bank ***** untuk mengtahui kepuasan mereka pada pelayanan bank tersebut. Terdiri dari 10 item soal menggunakan skala likert dan jumlah responden 15 orang,

Kretetian Skala likert: 
1 = sangat tidak memuaskan, 
2 = tidak memuaskan, 
3 = cukup memuaskan, 
4 = memuaskan, 
5 = sangat memuaskan

Berikut ini data hasil uji coba intrumen angket dengan 15 orang responden: (bisa download di sini)

Persiapan dan langkah-langkah melakukan uji coba validitas instrument:
1). Dengan mengucap kalimat “Basmallah” sambil berniat untuk belajar.
2). Mempunyai komputer/laptop serta program SPSS harus sudah terinstal. (saran saya gunakan Microsoft dan software SPSS yang original).
3). Siapkan data-data yang akan diuji. (agar lebih mudah gunakan excel untuk menyimpan data yang berupa angka).
4). Buka Program SPSS. (Saya menggunaka SPSS versi 22).
5). Perhatikan gambar di bawah, klik “Variabel View” untuk memasukkan data. Pada kolom “Decimals” ubah menjadi 0, kemudian isi kolom “Name” pada baris ke-1 “item_1”, pada baris ke-2 “item_2”, dan seterusnya. seperti gambar di bawah ini.

6). Klik “Data View”, copy data yang disimpan di file excel tadi. (lihat gambar di bawah).

7). Kemudian saatnya melakukan analisis dengen memilih menu “analyze”, trus arahkan kursur ke sub menu “Correlate, kemudian pilih dan klik “Bivariate” (perhatikan gambar di bawah ini)

8). Selanjutnya akan muncul tampilan “Bivariate Correlations”. Masukkan semua item dan total ke kolom “Variables”. Pada “Correlation Coefficients” pilih “pearson”, pada “test of Signific” pilih “two-tailed”, dan centang “flag Significance Correlations”. Kemudian klik “ok”.

9). Selanjutnya hasil Output dari uji validitas akan muncul. Kemudian mengambil kesimpulan dengan memakai kreteria yang sudah saya sebutkan sebelumnya. (lihat gambar Output dari uji validitas di bawah, bisa juga download di sini)


Untuk mempermudah menentukan item mana yang valid, maka kita buat tabel dengan memasukkan nilai signifikansi tiap item (angka yang dilingkari merah pada output uji validitas).
  
                             Tabel Hasil Uji Validitas Instrumen Angket
Item
Nilai Signifikansi
Keterangan
1
nilai sig = 0,450 > 0,05
Tidak Valid
2
nilai sig = 0,000 < 0,05
Valid
3
nilai sig = 0,208 > 0,05
Tidak Valid
4
nilai sig = 0,974 > 0,05
Tidak Valid
5
nilai sig = 0,001 < 0,05
Valid
6
nilai sig = 0,075 > 0,05
Tidak Valid
7
nilai sig = 0,028 < 0,05
Valid
8
nilai sig = 0,028 < 0,05
Valid
9
nilai sig = 0,001 < 0,05
Valid
10
nilai sig = 0,000 < 0,05
Valid


Berdasarkan tabel di atas dapat disimpulkan bahwa dari 10 item instrument dinyatakan valid ada 6 item (2,5,7,8,9,10), dan item soal yang tidak valid ada 4 item (1,3,4,6). Untuk item-item yang tidak valid maka sebaiknya direvisi atau diganti, sedangkan item yang valid sudah memenuhi syarat validitas. Setelah melakukan uji validitas kemudian harus dilakukan lagi uji reliabilitas, tutorial uji reliabilitas instrumen cek disini.

Demikian yang bisa saya sampaikan mengenai cara uji validitas dengan SPSS, semoga bermanfaat, saya tidak bermaksud untuk menggurui hanya sekedar berbagi. Tentunya kritik serta saran yang membangun sangat saya harapkan dari para pembaca sekalian. 

Syukran Katsiran……

Fossil Ampunku

About Fossil Ampunku -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :

3 komentar

Write komentar
Jason Raymond
AUTHOR
17 Agustus 2017 19.39 delete

KAMI MENAWARKAN SEMUA JENIS PINJAMAN Email: fundingloanplc@yahoo.com

 Apakah Anda seorang pria atau wanita bisnis? Apakah Anda dalam kekacauan keuangan atau apakah Anda memerlukan dana untuk memulai bisnis Anda sendiri? Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk memulai usaha kecil dan menengah yang bagus? Apakah Anda memiliki nilai kredit rendah dan Anda merasa sulit mendapatkan pinjaman modal dari bank lokal dan lembaga keuangan lainnya ?. Program kami adalah cara tercepat untuk mendapatkan apa yang Anda butuhkan dalam sekejap. Kurangi pembayaran Anda untuk mengurangi beban biaya bulanan Anda. Dapatkan fleksibilitas yang dapat Anda gunakan untuk tujuan apa pun - mulai dari liburan, hingga pendidikan hingga pembelian unik

** Apakah Anda terjepit secara finansial?
** Apakah Anda mencari dana untuk melunasi kredit dan hutang?
** Apakah Anda mencari keuangan untuk mendirikan bisnis Anda sendiri?
** Apakah Anda membutuhkan pinjaman pribadi atau bisnis untuk berbagai keperluan?
** Apakah Anda mencari pinjaman untuk melaksanakan proyek besar?

Kami menawarkan berbagai macam layanan keuangan yang meliputi: Perencanaan Bisnis, Komersial dan Pengembangan Keuangan, Properti dan Hipotek, Pinjaman Konsolidasi Utang, Pinjaman Usaha, Pinjaman Swasta, Refinancing Rumah, Pinjaman Hotel, pinjaman mahasiswa dengan tingkat bunga sangat rendah 2% .. Untuk mengajukan pinjaman, hubungi kami dengan menggunakan rincian seperti yang dinyatakan dan bebas dari penipuan, Email: fundingloanplc@yahoo.com ATAU Panggil / Teks +14067326622

Reply
avatar
burgees jason
AUTHOR
21 Agustus 2017 14.21 delete

DO YOU NEED MORTGAGE LOAN? 5000$ to 100,000,000.00$
No credit check
Repaid over 1 Year
Approval in 15-30 minutes
Open 7 days a week from 24/7
Service available nationwide
E-MAIL -burgeesjason2@gmail.com

Reply
avatar
Olah Data Smg
AUTHOR
24 Agustus 2017 05.56 delete

Biro Olah Data Skripsi, Tesis, Disertasi Untuk Analisis Statistika Dengan SPSS, AMOS, LISREL, EVIEWS, SMARTPLS, GRETL, STATA, MINITAB dan DEAP 2.1
WhatsApp : +6285227746673
IG : @olahdatasemarang
Website : http://biro-jasa-spss.blogspot.co.id
Terdaftar Di Google Map Dengan Nama Olah Data Semarang

Reply
avatar