Sabtu, 26 November 2016

Fossil Ampunku

Cara Uji-T Independen dengan SPSS

Uji T independent (Independent Sample T-Tes) yang biasa disebut dengan uji beda, uji ini digunakan untuk membandingkan berbedaan mean (rata-rata) dari dua buah kelompok yang berbeda. Untuk mempermudah memahaminya langsung saja kita membahas contoh uji-t independen.

Baca Juga: Uji T Berpasangan (Paired Sample T-Tes)

Suatu penelitian dilakukan untuk mengetahui apa ada perbedaan prestasi hasil belajar siswa kelas V MI Salamah yang menggunakan metode demonstari dengan metode diskusi kelompok.

   Data prestasi hasil belajar siswa kelas V MI Salamah
No.
Metode Demonstrasi
Metode Diskusi Kelompok
1
75
75
2
80
75
3
90
90
4
75
70
5
75
80
6
70
80
7
70
70
8
60
90
9
80
80
10
60
70
11
80
90
12
60
70
13
70
80
14
75
70
15
80
75
16
75
75
17
60
80
18
75
80
19
60
75
20
75
80

Hipotesis:
1. H0 : tidak ada perbedaan prestasi hasil belajar siswa yang menggunakan metode demonstari dengan metode diskusi kelompok.
2.  H1 :  ada perbedaan prestasi hasil belajar siswa yang menggunakan metode demonstari dengan metode diskusi kelompok.

Kreteria Pengambilan Keputusan:
Jika Sig. ≥ 0,05 maka H0 diterima
Jika Sig. < 0,05 maka H0 ditolak

Persiapan dan langkah-langkah melakukan uji-t independent:
1). Dengan mengucap kalimat “Basmallah” sambil berniat untuk belajar.
2). Buka Program SPSS. (Saya menggunaka SPSS versi 22).
3). Kemudian klik “Variabel View” untuk memasukkan data. Isi kolom “Name” pada baris ke-1 “Nilai”, pada baris ke-2 ini dengan “Metode”, Kemunian di kolom “Value” baris ke-2 isi dengan "Value 1 Label Demonstrasi dan Value 2 Label Diskusi Kelompok", setelah selesai tekan tombol OK. (Perhatikan gambar di bawah).

4). Selanjutnya  Klik “Data View”, masukkan data yang ingin di uji yang sudah disiapkan pada tabel. Pada kolom “Nilai” masukkan semua data hasil belajar dari kelas metode demonstrasi kemudian sambung dengan data hasil belajar dari kelas metode diskusi kelompok dikolom yang sama. Sedangkan pada kolom "Metode" isi dengan angka value 1 untuk nilai kelas Demonstrasi dan 2 untuk nilai kelas Diskusi Kelompok. (Perhatikan gambar di bawah).

5). Setelah semua data berhasil diinput, maka saatnya melakukan analisis dengen memilih menu “analyze”, arahkan kursur ke sub menu “Compare Means" kemudian pilih dan klik "Independent Samples T test”, seperti gambar di bawah ini.

6). Selanjutnya akan muncul tampilan “Independen-Samples T Test". Masukkan variabel "Nilai" ke "Test Variable",  dan variabel "Metode" ke "Grouping Variable". Setelah itu tekan tombol "Define Groups" dan isi groupnya kemudian "Continue", dan terakhir tekan "OK".

9). Selanjutnya akan muncul hasil Output dari uji T-tes independen, kemudian pengambilan kesimpulan dengan memakai kritria yang sudah saya sebutkan sebelumnya. Nilai signifikansinya ada di lingkarang merah yang pada gambar di bawah ini.

Setelah melakukan analisis dengan menggunakan SPSS kemudian disimpulan bahwa nilai Sig 0,028 lebih kecil dari 0,05 maka artinya H0 ditolak otomatis H1 diterima. Jadi hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan metode demonstari dengan metode diskusi kelompok.

Catatan penting:
Sebelum melakukan uji-t independen ada uji prasyarat yang harus dilakukan yaitu uji homogenitas dan uji normalitas data, karena sebelum menanalisis uji-t independen data yang akan dianalisis harus homogen dan berdistribusi normal. Jika tidak data tidak homogen dan tidak berdistribusi normal atau datanya homogen tetapi tidak berdistribusi normal atau sebaliknya maka tidak disarankan melakukan uji beda berpasangan melainkan melakukan uji Mann Withney. 
Demikian cara analisis uji-t independen (Independent Sample T-test) yang bisa kami jelaskan semoga kalian bisa memahami dan menggunakannya.
Syukran Katsiran.

Fossil Ampunku

About Fossil Ampunku -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :